Google+ BERKAS EDUKASI

Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C

Kontributor : On 16.50.00

Berkas Jurnal Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C. Download file format PDF.

Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C
Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C

Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C

Kutipan teks keterangan dari Jurnal Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: sejauhmana penyelengaraan pendidikan agama pada program paket di 385 Lembaga Program Paket A, B, dan C yang tersebar pada 7 propinsi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode survei.Hasil penelitian menunjukkan: 1) belum seluruhnya lembaga program paket mewajibkan warga belajar mengikuti mata pelajaran pendidikan agama, 2) jumlah tenaga tutor agama dalam penyelenggaraan pendidikan agama pada program paket3masih terbatas2) masih ada tutor agama yang belum sesuai dengan latar belakang pendidikan formal, 4) masih ada pengelola program paket yang menganggap keberadaan pelajaran pendidikan agama hanya sebagai pelajaran tambahan bukan pelajaran inti, 5) kerjasama Kementerian Agama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih kurang terkait penyelenggaraan pendidikan agama pada program paket.

Kesimpulan
  1. Hasil survei, dari 385 lembaga, terdapat 318 program paket (82,60%) yang menyelenggarakan pendidikan agama dan sisanya 67 lembaga (17,40%) tidak menyelenggrakan pendidikan agama. Hal ini menunjukkan belum semua program paket merasa perlu warga belajarnya mendapatkan pendidikan agama.
  2. Penyelenggaraan pendidikan agama pada program paket ditemui beberapa kendala di antaranya: a) belum seluruhnya lembaga program paket mewajibkan warga belajar mengikuti pelajaran pendidikan agama, b) masih ada tutor yang belum memenuhi kesesuai latar belakang pendidikan formal, c) masih ada beberapa pengelola program paket yang menganggap keberadaan mata pelajaran pendidikan agama hanya sebagai pelajaran tambahan bukan mata pelajaran inti yang di ujian nasionalkan, d) terbatasnya jumlah tenaga tutor agama dalam penyelenggaraan pendidikan agama pada program paket, dan e) masih kurangnya kerjasama Kemenag dengan Kemendikbud pada beberapa lembaga program paket yang menyelenggarakan pendidikan agama.
  3. Faktor pendukung atau potensi dalam penyelenggaraan pendidikan agama pada program paket adalah: a) animo masyarakat lebih menginginkan penyelenggaraan pendidikan program paket A, B dan C dilengkapi dengan pendidikan agama, b) munculnya ragam pola penyelenggaraan pendidikan agama pada lembaga program paket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelengggaraan pendidikan agama yang dikelola oleh swasta maupun pemerintah dilakukan dalam bentuk kurikulum, ekstrakurikuler dan terintegrasi (pendidikan agama dimasukkan dalam pelajaran umum), c) sebagian besar pennyelenggara pendidikan program paket sudah menggunakan kurikulum KTSP dalam menyelenggarakan pendidikan agama, d) banyaknya tutor Pendidikan Agama yang berstatus PNS yang kekurangan jam merupakan peluang untuk perekrutan tutor Pendidikan Agama pada penyelenggaran program paket.

Rekomendasi
  1. Kementerian agama berkewajiban melakukan pembinaan dan pengembangan mutu pendidikan agama pada penyelenggaraan program paket. Adanya kewajiban tersebut Kementerian agama harus merespons permasalahan-permasalahan yang terkait dengan temuan survei ini, dengan membuat program-program yang mengarah ke solusi/pemecahan masalah.
  2. Seluruh aparatur pemerintah di Kementerian Agama mulai dari struktur pusat sampai ke daerah merupakan unit pelayaan. Oleh karena itu, dalam rangka memaksimalkan penyelenggaraan pendidikan agama pada program paket, Kementerian Agama perlu melakukan pendataan berkaitan dengan data dan informasi, kendala, serta potensi yang bisa dijadikan kebijakan.
  3. Perlu upaya pemerintah khususnya Kementerian Agama dan Dinas pendidikan setempat untuk melakukan kerja sama dalam penyelenggaraan pendidikan agama pada penyelenggaraan pendidikan program paket dalam rangka meningkakan mutu pendidikan agama pada program paket A, B, C khususnya dalam penyediaan buku/ modul pendiidkan agama, rekruitmen tutor pendiidkan agama, pemberian honori/insentif tutor pendidikan agama, pendidikan dan pelatihan tutor pendidikan agama, kegiatan MGMP pendidikan agama dan penyediaan sarana prasarana penyelenggaraan pendidikan agama.

    Download Berkas Jurnal Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C

    Silahkan lihat pada file preview dan download file pada link di bawah ini:

    Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C



    Download File:
    Kualitas Penyelenggaraan Pendidikan Agama pada Program Paket A, B, dan C.pdf

    Sumber: http://balitbangdiklat.kemenag.go.id 

    Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »