Google+ BERKAS EDUKASI

Contoh Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT

Kontributor : On 11.00.00

Berkas Jurnal Contoh Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT Al-Anwar. Download file format PDF.

Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT Al-Anwar
Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT Al-Anwar


Contoh Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT

Kutipan teks keterangan dari Jurnal Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT Al-Anwar:

Penelitian ini dilakukan di SDIT Al Anwar dan Firdaus Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model kurikulum pendidikan agama, mengetahui pelaksanaan pendidikan agama, mengetahui kekuatan dan juga kendala yang dihadapi, dan menemukan model yang ideal dari kurikulum pendidikan agama dan implementasinya dalam membentuk karakter siswa. Model kurikulum yang digunakan mengacu pada perkembangan kurikulum Pendidikan Nasional yang disesuaikan dengan kondisi masing­masing sekolah. Pengembangan konten lokal dan pengembangan diri peserta didik. Pengembangan Yayasan dalam bentuk Al Qur’an, Al­Islam, Sejarah Islam dan Arab. Juga ada proses pembiasaan pada siswa bahwa doa, membaca Al­ Qur’an, doa, Kultum, surat­surat pendek menghafal (Juz 30) dan lain­lain. Pelaksanaan mengadopsi dua model pembelajaran tematik, yaitu untuk kelas bawah, dan terintegrasi untuk kelas atas. Proses pembelajaran sehari penuh sistem sekolah. Salah satu kekuatan yang dimiliki oleh kedua SDIT kurikulum lokal dan pengembangan pribadi dapat bekerja sama dengan tujuan pendidikan setiap SDIT yang telah memimpin dalam karakter sidiq nabi, dapat dipercaya, fatonah, dan tabligh. Sementara itu, salah satu kendala yang dihadapi oleh sarana dan prasarana sekolah yang belum menjadi lagi.Model kurikulum yang ideal dipasang yang merupakan sinergi antara budaya dan budaya sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Pelaksanaan kurikulum di SDIT Al Anwar dan SDIT Firdaus menggunakan muatan dari Dinas Pendidikan Nasional dan muatan lokal, yaitu 2 jam pelajaran khusus Pendidikan Agama Islam dan pengembangan muatan lokal berupa Akidah Akhlak, Qur’an Hadist, dan Shiroh. Dalam muatan lokal tersebut ada pula program untuk pengembangan diri peserta didik yang terdiri dari terstruktur dan program pilihan, serta pembiasaan moral. Dalam pembentukan empat karakter nabi amanah, fathonah, sidiq, dan tabligh belum masuk dalam kurikulum secara tertulis tetapi sudah terimplementasi dalam kegiatan harian di sekolah.

Untuk membentuk karakter peserta didik yang baik, sebagaimana telah dilakukan di sekolah dengan menggunakan budaya sekolah, tentunya harus bersinergi dengan budaya rumah. Maksudnya budaya rumah harus menyeimbangkan dengan budaya sekolah dalam membentuk siswa yang berkarakter. Disinilah kendala yang akan dihadapi dalam membentuk siswa yang berkarakter baik. Di sekolah sudah menjadi baik tetapi setelah pulang dari sekolah siswa bisa mendapatkan pengaruh yang tidak baik dari lingkungan luar sekolahnya.

    Download Berkas Jurnal Contoh Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT

    Silahkan lihat pada file preview dan download file pada link di bawah ini:

    Contoh Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT



    Download File:
    Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD-IT.pdf
    Sumber: http://balitbangdiklat.kemenag.go.id 

    Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

    Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

    Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
    Next
    « Prev Post
    Previous
    Next Post »