Google+ BERKAS EDUKASI

Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini PAUD Usia 0-6 Tahun

Kontributor : On 16.22.00

Berkas Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini PAUD Usia 0-6 Tahun. Download file format PDF.

Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun
Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun

Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun

Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini Usia 0-6 Tahun:
  1. Indikator pencapaian perkembangan anak adalah penanda perkembangan yang spesifik dan terukur untuk memantau/menilai perkembangan anak pada usia tertentu.
  2. Indikator pencapaian perkembangan anak merupakan kontinum/rentang perkembangan anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun.
  3. Indikator pencapaian perkembangan anak berfungsi untuk memantau perkembangan anak dan bukan untuk digunakan secara langsung baik sebagai bahan ajar maupun kegiatan pembelajaran.
  4. Indikator pencapaian perkembangan anak dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar (KD).
  5. Kompetensi Dasar (KD) dirumuskan berdasarkan Kompetensi Inti (KI).
  6. Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran pencapaian Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada akhir layanan PAUD usia enam tahun yang dirumuskan secara terpadu dalam bentuk KI Sikap Spiritual, KI Sikap Sosial, KI Pengetahuan, dan KI Keterampilan.
  7. Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada KI Sikap Spiritual dan KD pada KI Sikap Sosial tidak dirumuskan secara tersendiri. Pembelajaran untuk mencapai KD-KD ini dilakukan secara tidak langsung, tetapi melalui pembelajaran untuk KD-KD pada KI Pengetahuan dan KI Keterampilan. Dengan kata lain, sikap positif anak akan terbentuk ketika dia memiliki pengetahuan dan mewujudkan pengetahuan itu dalam bentuk hasil karya dan/atau unjuk kerja.
  8. Indikator pencapaian perkembangan anak untuk KD pada pengetahuan dan KD pada keterampilan merupakan satu kesatuan karena pengetahuan dan keterampilan merupakan dua hal yang saling berinteraksi.
  9. Indikator pencapaian perkembangan anak disusun berdasarkan kelompok usia sebagai berikut: a. lahir sampai dengan usia 3 bulan; b. usia 3 bulan sampai dengan usia 6 bulan; c. usia 6 bulan sampai dengan usia 9 bulan; d. usia 9 bulan sampai dengan usia 12 bulan; e. usia 12 bulan sampai dengan usia 18 bulan; f. usia 18 bulan sampai dengan usia 2 tahun; g. usia 2 tahun sampai dengan usia 3 tahun; h. usia 3 tahun sampai dengan usia 4 tahun; i. usia 4 tahun sampai dengan usia 5 tahun; dan j. usia 5 tahun sampai dengan usia 6 tahun.

Download Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini PAUD Usia 0-6 Tahun

Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini PAUD Usia 0-6 Tahun ini silahkan lihat dan download pada link di bawah ini:

Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini PAUD Usia 0-6 Tahun



Download File:
Indikator Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini PAUD Usia 0-6 Tahun.pdf

Bagikan/Share halaman ini melalui Facebook

Klik G+1 untuk merekomendasikan ke teman/rekan Anda

Silahkan bagikan dan beritahukan atau rekomendasikan berkas ini ke teman atau rekan Anda melalui sosial media dengan menekan icon-icon di bawah ini. Terima Kasih.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »